Senin, 22 Februari 2016

PERBEDAAN PUISI DENGAN PROSA



 PENGERTIAN PUISI DAN PERBEDAAN PUISI DENGAN PROSA
       I.            Pengertian puisi
Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya. Puisi adalah karya sastra tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia. (Herman Waluyo). Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif) (Sumardi).ssi
Pengertian lain dari puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat (James Reevas). Puisi merupakan ungkapan pikiran yang bersifat musikal (Thomas Carlye). Puisi merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan (Pradopo). Puisi merupakan bentuk  pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan (Herbert Spencer).
    II.            Perbedaan puisi dan prosa

Puisi menurut pengertian Saya adalah sebuah karya tulis yang dibuat berdasarkan pengalaman,khayalan,perasaan penulis pada saat puisi itu ditulis,dan memiliki keterikatan dengan rima atau nada
Prosa  adalah karya sastra yang membentuk cerita bebas, tidak terikat oleh rima (bunyi ynag berselang/berulang di akhir larik).(ssi) irama dan kemerduan bunyi meliputi: euphony (menggmabrakan keriangan), cocophony (bernuansa ketertekanan batin, kebekuan dan kesediahan), anomatope (segesti suara yang sebenarnya).

perbedaan Puisi dan Prosa

Puisi:
·         Merupakan aktifitas jiwa yang menangkap kesan-kesan, kemudian kesan-kesan tersebut dipadatkan (dikondensasikan) dan dipusatkan.
·         Merupakan pancuran jiwa yang bersifat liris (emosional) dan ekspresif.
·         Seringkali kalimat dan isinya bersifat konotatif.
·         Terdiri dari bait
·         Memiliki tipografi

Prosa:
§  Merupakan aktifitas penyebaran (mendispersi) ide atau gagasan dalam bentuk uraian, bahkan kadang-kadang sampai merenik.
§  Merupakan pengungkapan gagasan yang bersifat epis atau naratif.
§  Pada umumnya bermakna denotasi, walaupun kadang ada karya yang isinya konotatif.

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2015 - Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile